Minggu, 26 April 2009

Peringatan Dini Flu Babi

Diposting oleh FPBI di 11.13
Penetapan status darurat kasus swine flu (flu babi) oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), membuat Departemen Kesehatan mengedarkan surat kewaspasdaan dini, ke seluruh kantor kesehatan. "Ini langkah antisipasi, kami belum tahu situasinya seperti apa," ujar Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan Tjandra Yoga Aditama ketika dihubungi Ahad (26/4). Sabtu (25/4) sore telah dikumpulkan aparat kesehatan di pelabuhan di seluruh Indonesia untuk mengaktifkan dan memastikan thermal scanner bekerja dengan baik. Saat ini seluruh perwakilan kantor kesehatan tengah berkumpul mengikuti simulasi Pandemi Flu Burung di Makasar. "Sekalian membahas situasi terakhir dan pengetatan lalu lintas pintu masuk lewat bandara dan pelabuhan" imbuh Yoga. Departemen Kesehatan juga membentuk kerjasama dengan Departemen Pertanian untuk membentuk tim terpadu penanggulangan kasus zoonosis (penyakit yang dapat menular dari hewan kepada manusia)
Upaya pencegahan masuknya flu babi ke Indonesia, kata Tjandra, tergantung situasi yang terjadi. Langkah yang sudah dilakukan hingga Ahad ini adalah mengumpulkan data dan kajian ilmiah serta berkoordinasi dengan WHO. Departemen kata Tjandra juga mempersiapkan pemeriksaan laboratorium utk Flu Babi.
Flu babi, jelasnya adalah penyakit influenza yang disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1 yang dapat ditularkan melalui binatang, terutama babi, dan ada kemungkinan penularan antar manusia. "Secara umum penyakit ini mirip dengan influenza,gejala klinisnya sama," tambahnya Cara penularannya, Ia menambahkan bisa melalui udara dan dapat juga melalui kontak langsung dengan penderita. Masa inkubasinya 3 sampai 5 hari. Tjandra mengingatkan antisipasi penyebarannya dengan menjaga pola hidup bersih. Tercatat hingga saat ini 8 kasus positif (confirm) di Amerika Serikat dan di Meksiko sebanyak 878 kasus dan 60 diantaranya meninggal dunia (20 kasus positif flu babi). Sumber : Tempo Interaktif.com

0 komentar on "Peringatan Dini Flu Babi"

Posting Komentar

 

Mitigasi Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez