Selasa, 03 November 2009

Gunungapi Kaba Status Waspada

Diposting oleh FPBI di 05.30
Gunung Kaba pernah aktif karena dipicu gempa tektonik. Kini status gunung berketinggian 1952 mdpl di Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, ini naik dari normal (level I) menjadi waspada (level II).

"Ada peningkatan aktivitas gempa vulkanik dalam beberapa hari ini, namun belum menunjukkan aktivitas yang signifikan. Status Gunung Kaba dinaikkan dari normal menjadi waspada," kata Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Hendrasto di Bandung, Rabu (21/10).

Peningkatan status Gunung Kaba dilakukan sejak Selasa 20 Oktober. PVMBG langsung menurunkan Tim Tanggap Darurat ke Posko Pemantauan Gunung Kaba di Bengkulu.

Menurut Hendrasto, pusat erupsi (letusan gunung api) atau kegiatan vulkanik gunung itu sering berpindah-pindah, dicirikan oleh adanya kawah-kawah yang terdapat pada puncak. Di puncak itu tumbuh kerucut-kerucut kecil dan pusat erupsi masih menunjukkan tanda-tanda kegiatan gunung api.

"Erupsi terakhir Gunung Kaba terjadi pada 26 Maret 1952. Saat itu ditandai dengan abu letusan dan terdengar suara gemuruh," tutur Hendrasto.

Pada tahun 2000 juga terjadi peningkatan kegiatan kegempaan gunung Kaba yang dipicu gempa tektonik Bengkulu yang berkekuatan 7,8 skala Richter pada 4 Juni 2000. Sumber : Inilah.com, PVMBG

0 komentar on "Gunungapi Kaba Status Waspada"

Posting Komentar

 

Mitigasi Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez