Jumat, 20 November 2009

Bogor Akan Dilanda Badai

Diposting oleh FPBI di 00.53
Hujan Badai diperkirakan akan melanda wilayah Bogor awal Desember. Fenomena alam ini terjadi akibat terbentuknya awan konvektif (awan hujan) yang besar.

Berdasarkan penelitian Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dramaga, Bogor, hujan deras yang akan mengguyur wilayah Bogor disebabkan adanya pembentukan awan konvektif atau awan pembentuk hujan yang cukup besar serta adanya pertemuan angin dart arah tenggara dan utara.

Staf Analisa BMKG Dramaga, Eko Istianto, mengatakan, hujan yang akan mengguyur Bogor itu disertai angin kencang dengan kecepatan 25 knot atau sekitar 45 km per jam. Selain itu, petir juga akan terjadi sewaktu-waktu di Bogor, namun tidak merata. Sumber : Kompas

Hujan yang tergolong ekstrem tersebut, katanya, berpotensi terjadi sore, malam, hingga dini hari. Dampak dari hujan deras tersebut, wilayah Bogor diperkirakan akan mengalami genangan air dan air sungai meluap.

Pihak BMKG mengimbau masyarakat Kota dan Kabupaten Bogor agar mewaspadai bencana banjir dan longsor. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai dan kawasan lereng perbukitan.

"Kami mengingatkan agar masyarakat Kota dan Kabupaten Bogor yang tinggal di sekitar bantaran kali serta kawasan tebing untuk mewaspadai hujan deras yang disertai badai tersebut. Tingginya curah hujan dikhawatirkan akan membahayakan bagi keselamatan warga," ujar Eko, Kamis (19/11).


Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Dramaga, Alidia, menambahkan, saat ini wilayah Bogor sudah memasuki musim hujan sehingga berpeluang terjadi bencana banjir dan longsor.

Dia mengatakan, musim hujan yang di Bogor sudah dimulai sejak akhir Oktober lalu diperkirakan akan berlangsung hingga Maret mendatang.

Wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, kata Alidia, termasuk dalam nonzom atau wilayah di mana musim hujan dan kemarau tidak terlihat perbedaannya. "Perbedaannya hanya dalam hal tinggi rendahnya curah hujan. Jika musim hujan datang, curah hujan di wilayah ini jauh lebih tinggi, yakni lebih dari 50 milimeter," katanya.

Adapun kawasan yang masuk dalam zona rawan bencana banjir adalah wilayah Gunung Putri dan sepanjang bantaran Kali Ciliwung.

"Kedua kawasan itu berpotensi banjir dengan intensitas cukup besar karena curah hujan tinggi, sementara daya tampung sungai tak memadai," katanya.

Sementara itu, titik atau zona rawan longsor umumnya di kawasan perbukitan, seperti di wilayah Puncak, Cibodas, Cisarua, dan Ciawi.

Alidia mengingatkan agar masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut tak mengendurkan kewaspadaan. Sumber : Kompas.com

1 komentar on "Bogor Akan Dilanda Badai"

FPBI on 20 November 2009 pukul 01.15 mengatakan...

Jakarta akan lebih awal terendam....Ayo Siaga!!!

Posting Komentar

 

Mitigasi Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez